Rabu, 28 September 2011

komputer dan masyarakat



A. PENGRTIAN KOMPUTER DAN MASYARAKAT
Komputer dan Masyarakat adalah sebuah matakuliah yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman bagi mahasiswa tentang masalah kemasyarakatan (sosial) yang berkaitan erat dengan perkembangan dan penerapan teknologi informasi.
Matakuliah ini lebih dimaksudkan untuk membangun soft skill mahasiswa.

Nama lain matakuliah ini adalah Sosio Teknologi Informasi.

Ketika program S1 Teknik Informatika hadir di Indonesia diawal tahun 1980-an, matakuliah ini sudah menjadi salah satu matakuliah wajib, namun dalam beberapa waktu kemudian ketika banyak perguruan tinggi swasta juga mulai menyelenggarakan program S1 Teknik Informatika, matakuliah ini sempat dihapuskan.
Dalam kurikulum nasional Teknik Informatika sempat tidak dicantumkan sebagai matakuliah kurnas, sehingga kemudian diberbagai perguruan tinggi tidak lagi dibuka.

Kesadaran akan pentingnya soft skill yang berpadu dengan hard skill, untuk menjadikan sumber daya manusia unggul, menyebabkan matakuliah ini kembali dijadikan matakuliah wajib dalam kurikulum nasional program studi komputer (Informatika, Sistem Informasi dan Sistem Komputer).
( file://localhost/E:/artikel%20komas%2026/61-matakuliah-yang-bernama-komputer-dan-masyarakat.html)

B. DAMPAK NEGATIF DAN FOSITIF PENGUNAAN INTERNET


Di bawah ini akan dijelaskan dampak-dampak positif maupun negatif dari penggunaan internet. Dampak Positif:

1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.

2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web / jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.

3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.

4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.

5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain

6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.

Dampak Negatif Pornografi Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses. Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal. Violence and Gore Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu. Penipuan Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut. Carding Karena sifatnya yang real time (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka. Perjudian Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.

1. Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).

2. Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.

3. Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).

4. Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.
(sumber blog gt).(file://localhost/E:/artikel%20komas%2026/artikel-1-tentang-komputer-dan.html)




C. ISU SOSIAL dan MASALAH



Kemajuan teknologi komputer selain memberi dampak positif juga menimbulkan dampak negatif yang kurang diperhitungkan sebelumnnya. Teknologi memberikan banyak keuntungan pada masyarakat seperti komunikasi yang lebih baik, transportasi yang lebih cepat dan lebih aman, penyelesaian pekerjaan yang lebih cepat dan akurat serta efisiensi dalam penggunaan tenaga kerja.

Walaupun tidak terungkap secara terbuka selalu ada perasaan takut di kalangan masyarakat bahwa akhirnya manusia menjadi budak dari mesin yang diciptakannya sendiri karena banyak posisi penting dalam pekerjaan yang diambil alih oleh mesin dengan alasan biaya, kecepatan kerja dan ketelitian.

Banyak kalangan yang berpendapat bahwa mesin pandai akan terwujud dan memasyarakat. Mereka percaya bahwa keberadaan mesin ini akan amat bermanfaat yang akan menindih dampak negatifnya.


1. Robot dan Otomasi Industri
Integrasi komputer dengan lengan elektromekanis untuk melaksanakan tugas tertentu dalam jalur perakitan otomatis (otomasi industri). Robot sering kali digunakan untuk bertugas pada daerah kerja yang berbahaya seperti pengelasan, pengecatan, pekerjaan bawah laut, di tambang maupun di luar angkasa.

2. Otomasi Perkantoran
Integrasi berbagai jenis komputer dari mulai komputer besar sampai komputer pribadi melalui jaringan komputer dengan mesin facsimili dan pencetak, pengolahan kata, arsip elektronik, surat elektronik, pengaturan jadwal rapat otomatis, sistem informasi manajemen, pemasukan data jarak jauh dan pemrograman, merupakan salah satu bentuk dari fasilitas otomasi perkantoran.

3. Telekomunikasi
Interkoneksi komputer dengan jaringan telekomunikasi membuka peluang untuk distribusi pengolahan data, distribusi pekerjaan dan jaringan informasi yang ampuh baik untuk dunia usaha maupun pemerintahan.

4. Sistem Uang Elektronik
Penggunaan mesin pelayanan bank otomatis (Automatic Teller Machine), terminal penjualan (Point Of Sell Terminals) dan komunikasi antar komputer menghasilkan sistem pemindahan dana elektronik (Cash Less Society atau masyarakat tanpa uang tunai). Keseluruhan sistem ini akan mengubah tata cara kerja bank, pengecer, grosir dan pedagang.

5. Komputer Pribadi
Ledakan penggunaan komputer mikro di rumah telah menghilangkan kesenjangan antara para ahli komputer dengan masyarakat umum. Komputer mikro banyak digunakan di sekolah dan perkantoran umum sehingga pemanfaatan komputer tidak lagi sebagai hal yang ekslusif milik ahli komputer semata.

6. Mikroprosesor
Integrasi mikroprosesor dengan produk lainnya seperti kamera, TV, mobil, microwave, handphone dan sebagainya menjadikan produk tersebut menjadi peralatan yang hemat energi. Pola perawatan dan perbaikan peralatan juga berubah sesuai dengan perkembangan teknologi yang diterapkan.

7. Profesi Pelayanan
Disini termasuk pelayanan medis, pendidikan, hukum dan jasa. Peralatan berbasis komputer akan meningkatkan kemampuan penyimpanan data medis, analisis kasus, pengolahan citra medis dan sistem pembayaran.

8. Sistem Informasi Perumahan
Sistem teletext atau videotext telah mulai melayani kebutuhaninformasi perumahan. Akses ke jenis layanan ini dapat dilakukan melalui komputer pribadi atau pesawat televisi dengan memanfaatkan jalur telekomunikasi seperti pelayanan perbankan, pemesanan tiket, materi pendidikan, informasi harga dan sebagainya.

9. Surat Elektronik dan Konferensi Jarak Jauh
Integrasi komputer dan komunikasi memungkinkan pesan untuk dikirim ke seantero negeri, baik dalam bentuk transfer data elektronis maupun dalam bentuk cetakan. Pengiriman citra hidup melalui fasilitas ini juga memungkinkan dilakukannya konferensi jarak jauh.

10. Peraturan Pemerintah
Fasilitas layanan baru dengan adanya jaringan komputer memaksa pemerintah untuk mempersiapkan aturan-aturan baru dalam bidang telekomunikasi. Di satu pihak pemerintah harus mendukung perkembangan teknologi ini, dilain pihak pembakuan terhadap norma layanan dan norma teknis hubungan perlu segera diatur. Adanya kebebasan untuk melakukan akses pada berbagai macam sumber informasi dapat menyebabkan sifat keterbukaan yang berlebihan yang mungkin akan merugikan negara itu sendiri.

11. Seni
Seniman memanfaatkan komputer untuk membuat film, seni grafis dan musik. Synthesizers berbasis komputer memberikan peluang besar kepada komposer yang mampu memanfaatkan untuk menghasilkan lagu-lagu dengan kualitas tinggi. Grafis resolusi tinggi dan kemajuan teknik pengolahan citra memungkinkan dibuatnya citra berkualitas tinggi dengan efek 3 dimensi yang amat menarik.

12. Kecerdasan Buatan
Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) telah menunjukkan kemajuan yang berarti pada saat ini seperti sistem ahli, sistem penginderaan robot, sistem diagnosis, dan sistem perancangan berbantuan komputer (Computer Aided Design).

13. Komputer dan Hukum
Karena kemampuannya yang besar maka komputer dapat digunakan untuk kegiatan yang melanggar hukum seperti mengambil informasi tanpa izin sampai kepada pencurian dana elektronik di bank.

Isyu sosial tentang pemanfaatan komputer di masyarakat timbul, salah satunya karena komputer hanya merupakan produk teknologi yang baru memasyarakat, akan disusul dengan produk teknologi lain yang masih akan terus berdatangan. Beberapa jenis isyu yang diangap cukup menonjol seperti :
1. Pekerjaan
Apakah perkembangan teknologiyang berkaitan dengan komputer ini akan mempengaruhi kesempatan kerja? Apakah jumlah lapangan kerja akan bertambah atau berkurang? Bagaimana orang bersikap terhadap meningkatnya penggunaan komputer di tempat kerjanya? Bagaimanakah nasib organisasi sosial tradisional di perkantoran yang menerapkan otomasi perkantoran?

2. Kesehatan
Apakah duduk menghadapi terminal video berlama-lama berpengaruh terhadap kesehatan baik fisik maupun psikologis? Apakah kegiatan lain yang berkaitan dengan komputer menimbulkan masalah? Apakah seseorang dapat kehilangan kontak sosialnya karena tergila-gila dengan komputer?

3. Kebebasan Pribadi
Komputer memungkinkan informasi dalam jumlah besar dikumpulkan, disimpan atau diolah. Banyak yang mempertanyakan tentang bagaimana penggunaan informasi tersebut. Dapatkah pengumpulan informasi menghalangi gerak seseorang? Siapa yang berhak mengakses informasi pribadi ? Apakah ada batasan penggunaan dari informasi pribadi yang telah dikumpulkan pemerintah atau badan swasta ?

4. Kendali Terpusat
Apakah komputer akan dimanfaatkan untuk melebarkan kekuasaan pengelola atas pekerja ? Tidak mungkin dihindari bahwa semakin tersedianya informasi yang akurat akan semakin memperkuat pengelola. Apakah distribusi pengolahan data akan mendistribusikan kewenangan untuk mengambil keputusan ? Apakah pemerintah akan semakin kuat dan semakin cenderung untuk memusatkan kewenangannya?

5. Tanggung Jawab
Apakah penyebaran penggunaan komputer dan komunikasi akan mengkotak-kotakkan masyarakat? Apakah keluarga akan semakin menyendiri karena komputer telah menyediakan banyak kebutuhannya? Apakah produksi barang akan menurun karena sebagian besar anggota masyarakat terjun ke pelayanan jasa informasi? Bagaimana dampak hal ini terhadap masyarakat?

6. Citra Diri Manusia
Apakah komputer mempengaruhi citra diri kita ? Apakah manusia akan kehilangan keyakinan diri karena tugas-tugasnya telah diambil alih oleh komputer ? Apakah teknologi itu tidak dapat ditolak karena mereka mempunyai jalur sendiri ? Dapatkah kualitas manusia dipertahankan pada zaman komputer ?

7. Etika dan Profesionalisme
Seberapa jauhkah tanggung jawab para ahli komputer terhadap profesi mereka ? Apakah mereka harus memiliki etika profesi seperti para dokter dan ahli hukum ?

8. Kepentingan Nasional
Apakah perekonomian negara pada masa mendatang sangat tergantung dari prestasi dalam teknologi tinggi ? Apakah keberhasilan pembangunan suatu negara berarti kegagalan pembangunan negara lainnya ?

9. Kesenjangan keahlian
Apakah penggunaan komputer menajamkan persaingan antara tenaga ahli dan tenaga bukan ahli ? Apakah pekerjaan dalam masyarakat akan terbagi menjadi pekerjaan yang menarik dan pekerjaan rutin yang membosankan? Apakah kaum miskin dan kurang pendidikan akan memandang bahwa komputer hanya merupakan alat bagi golongan mampu?

Walau bagaimanapun, perlu untuk diketahui konsekuensi dari pengenalan teknologi baru ke masyarakat. Penghayatan terhadap masalah ini memerlukan keakraban terhadap masalah teknologi itu sendiri beserta isyu-isyu sosial yang terkait dengannya.

Komputer telah memegang peran yang penting di masyarakat. Dari mulai pengaturan lalulintas, pengendalian penerbangan, pencarian informasi sampai kepada permainan video yang sangat digemari. Banyak produk teknologi lain yang amat meningkat mutunya setelah memanfaatkan komputer sebagai komponennya. Sejalan dengan keuntungan yang ditimbulkan komputer, muncul permasalahan sosial yang cukup memerlukan perhatian.
Banyaknya penggunaan komputer di berbagai bidang seperti robot dalam industri, otomasi perkantoran, sistem uang elektronik, komputer pribadi, sistem informasi perumahan dan berkembangnya aplikasi dari kecerdasan buatan menimbulkan permasalahan sendiri di masyarakat.

Isu sosial yang mengena meliputi lingkup pekerjaan, kesehatan, tanggung jawab, citra pribadi dan kepentingan nasional. Sejak pemunculannya yang pertama, komputer telah menimbulkan perasaan takut dan prihatin. Walaupun keakraban terhadap komputer meningkat akhir-akhir ini, gambaran yang wajar tentang peran komputer yang sesungguhnya di dalam berbagai bidang pekerjaan perlu untuk di masyarakatkan

http://arian-notj2me.blogspot.com/2010/04/isu-sosial-dan-masalah.html

D.Dampak Komputer Bagi Kesehatan

enyata tak selamanya kemajuan dunia komputer berdampak positif bagi manusia. Salah satu hal yang paling mudah diamati adalah dampak komputer bagi kesehatan individu pemakainya. Dan dari semua keluhan kesehatan yang pernah ada, kebanyakan keluhan datang dari para pengguna laptop. Laptop atau notebook sebagai sarana mobile-computing memang dirancang seefesien mungkin untuk dapat dengan mudah dibawa ke manapun. Namun efesiensi yang didapat dari penggunaan laptop ini rupanya harus dibayar mahal dengan mengorbankan faktor ergonomic yang sangat berperan dalam menjamin kenyamanan dan kesehatan sang pemakai.

Salah satu kasus gangguan kesehatan dalam penggunaan laptop dialami oleh Danielle Weatherbee (29 tahun) dari Seattle, seperti yang ditulis dalam buku Using Information Technology. Karena kebiasaannya sehari-hari yang mempergunakan laptop di mana pun berada, ia kemudian mengalami gangguan tulang belakang. Setelah diperiksa, dokter mendapati tulang belakangnya sudah seperti seorang berusia 50 tahun. Inilah salah satu akibat dari dikorbankannya nilai ergonomic sebuah barang, dalam hal ini laptop.

Secara luas, memang dikenal beberapa gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh pemakaian komputer, antara lain Repetitive Stress/Strain Injury (RSI), Kelelahan Mata dan Sakit Kepala, Sakit Punggung dan Leher, dan Medan Elektromagnetik. Lebih lanjut mengenai Repetitive Stress/Strain Injury (RSI) sendiri adalah sakit pada pergelangan tangan, lengan, tangan dan leher karena otot-ototnya harus bekerja cepat dan berulang. Hal ini dapat menjadi semakin parah jika sang pemakai komputer tidak memperhatikan faktor ergonomic pemakaian komputer dalam jangka waktu lama. Faktor ergonomic sendiri sangat perlu diperhatikan untuk memperoleh kenyamanan dan posisi ideal yang sehat bagi tubuh selama pemakaian komputer.

Yang kedua adalah kelelahan mata dan sakit kepala. Sebenarnya ini merupakan keluhan yang paling banyak dikeluhkan para pemakai komputer, Computer Vision Sindrome (CVS) sendiri merupakan kelelahan mata yang dapat mengakibatkan sakit kepala, penglihatan seolah ganda, penglihatan silau terhadap cahaya di waktu malam, dan berbagai masalah penglihatan lainnya.

Untuk masalah medan elektromantik (EMF), sebenarnya telah marak dibicarakan dalam beberapa tahun terakhir ini. Banyak pihak yang mengkhawatirkan dampak medan magnetic yang terdapat pada berbagai jenis peralatan elektronik, termasuk komputer, terhadap para pemakainya. Mulai dari ketakutan akan gangguan kelahiran yang menyebabkan bayi lahir cacat hingga gangguan yang menyebabkan kanker, pernah menjadi isu seputar dampak medan magnetic. Akan tetapi hingga saat ini belum ada yang tahu pasti mengenai kebenaran dugaan tersebut. Namun begitu, di negara-negara maju seperti Inggris, pemerintahnya telah menganjurkan agar anak-anak di bawah umur mengurangi pemakaian barang-barang yang bermedan elektronik, termasuk komputer bagi anak. Menanggapi kekhawatiran tersebut, Federal Communication Commission (FCC) sebenarnya telah membuat pengukuran khusus yang disebut Specifik Absorption Rate (SAR). SAR sendiri berfungsi untuk menyediakan data tingkat radiasi dari tiap type ponsel yang ada.(dna)
sumber : www.beritanet.com

E.Dampak Negatif Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dampak Negatif yang ditimbulkan dengan Penggunaan Teknologi Informasi antara lain :
1. Pelanggaran Hak Cipta
Hak cipta adalah hak bagi seseorang/kelompok atas sebuah hasil ciptaan untuk mengumumkan atau memperbanyak hasil ciptaannya atau memberi izin pada pihak lain untuk mengumumkan, memperbanyak, menggunakan karya ciptaannya. Hak cipta dilindungi UU No. 19 tahun 2002 tentang hak cipta. Pelanggaran yang terjadi antara lain : pembajakan (CD Program, VCD, DVD yang berisi karya berupa lagu, film). Contoh : Pembajakan Windows XP home editon yang harganya Rp 800.000 digandakan dan dijual dengan harga 15.000 perkeping. Hal ini jelas akan merugikan pemegang hak cipta, karena :
b. mengurangi jumlah uang untuk riset dan pengembangan
c. mengurangi penyediaan produk penunjang teknis local
d. mengurangi kemampuan penyaluran program komputer yang sudah ditingkatkan mutunya
e. merugikan perekonomian setempat karena berkurangnya hasil penjualan penyalur resmi akhirnya mengurangi penghasilan dan kesempatan kerja
2. Cybercrime
Cybercrime adalah kejahatan atau tindakan melawan hokum yang dilakukan seseorang dengan menggunakan sarana computer atau yang dilakukan di dunia maya/internet. Ciri-cirinya :
a. Kejahatan lintas Negara
b. Sulit menentukan yurisprudensi hokum yang berlaku
c. Dilakukan secara illegal, tanpa hak dan tidak etis
d. Menggunakan computer dan internet
e. Mengakibatkan kerugian yang lebih besar
f. Pelaku memahami dengan baik computer dan internet serta program-programnya
Bentuk-bentuk Cybercrime antara lain :
a. Unautorized access : kejahatan yang dilakukan dengan cara memasuki computer atau jaringan computer secara tidak sah atau tanpa izin dengan cara memanfaatkan kelemahan system kemanan jaringan computer yang disusupinya. Tujuannya untuk mencuri data/informasi penting dan rahasia, sabotase atau hanya sekedar menguji keandalan system keamanannya.
b. Illegal contents : memasukkan data/informasi ke internet tentang suatu hal yang tidak benar dan tidak sesuai dengan norma dengan tujuan merugikan orang lain atau membuat kekacauan
c. Data Forgery : memasukkan data-data yang tidak benar
d. Cyber Espionage : memasuki jaringan computer pihak atau negara lain untuk tujuan mata-mata
e. Cyber sabotage and extortion : kejahatan dunia maya yang dilakukan untuk menimbulkan gangguan, kerusakan atau penghancuran terhadap suatu data, program atau jaringan computer pihak lain
f. Offense against intellectual property : kejahatan yang dilakukan dengan cara menggunakan hak atas kekayaan intelektual pihak lain di internet.
g. Infringements of privacy : kejahatan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi yang bersifat pribadi dan rahasia
h. Phishing : bentuk kejahatan cyber yang dirancang untuk mengecoh orang lain agar memberikan data-data pribadinya ke situs yang disiapkan oleh pelaku.
i. Carding : kejahatan penipuan dengan menggunakan kartu kredit, biasanya dilakukan dengan mencuri data-data kartu kredit orang dan menggunakannya untuk bertransaksi di internet
3. Penyebaran Virus Komputer
Virus computer adalah program kecil yang mempunyai kemampuan menggandakan dirinya sendiri dan bersifat mengganggu serta merusak program computer ahkan computer yang terinfeksi olehnya. cirinya : berukuran sangat kecil, mempunyai kemampuan menggandakan diri, membutuhkan korban agar tetap hdiup, membutuhkan medium untuk menyebar, seperti email, disket, flasdisk dan sebagainya. Biasanya ektensi yang digunakan adalah exe dan scr. Nama-nama virus ada ribuan dapat anda lihat di http://tik-mrwindu.blogspot.com
Kerugian yang ditimbulkan antara lain :
a. rusaknya program computer
b. rusaknya hardware computer
c. hilangnya data
Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah computer kita terhindar dari virus antara lain :
a. mengisntal antivirus seperti AVG Anti-Virus, AntiVir, Mc Afee VirusScan, Norman Antivirus, Norton Antivirus (Cukup satu Antivirus saja). Atau memasang RTP (Real Time Protector) dari PC MAV edisi terbaru (bisa di download di http://tik-mrwindu.blogspot.com)
b. menginstal Program De Freeze atau Trust No Exe di computer (jika tidak mau memasang anti virus)
c. update database antivrus secara teratur
d. berhati-hati menjalankan file baru (terutama yang berekstensi exe dan scr)
e. mewaspadai kerusakan sejak awal
f. membuat backup data secara teratur
4. Pornografi : Penyebaran gambar maupun video porno banyak terjadi di internet, dan cukup sulit untuk diproteksi, meskipun ada software untuk memblokir beberapa situs porno, tapi ternyata hanya masih marak terjadi pornografi diinternet maupun penjualan VCD porno.
5. Perjudian : internet juga lumayan marak untuk ajang perjudian
6. Penipuan : ini marak terjadi terutama lewat SMS maupun telpon yang menyatakan telah memenangkan undian berhadiah sejumlah puluhan juta, tetapi kita disuruh transfer sejumlah uang tertentu sebagai pajak hadiah. Korbannya biasanya agak buta tentang teknologi informasi.
7. Mempermudah masuknya budaya asing yang negatif
8. Mendorong tindakan konsumtif dan pemborosan dalam masyarakat
9. Mendorong kekejaman dan kesadisan terutama lewat tayangan televisi


F. PENCEGAHAN DAMPAK NEGATIF TIK
1. Menegakkan fungsi hukum yang berlaku, misalnya pembentukan cybar task forte yang bertugas untuk menentukan standar operasi pengendalian dalam penerapan teknologi informasi di instansi pemerintah
2. Menghindari penggunaan telepon seluler berfitur canggih oleh anak-anak di bawah umur dan lebih mengawasi penakaian ponsel.
3. Televisi :
a. Mewaspadai muatan pornogravi, kekerasan dan tayangan mistis
b. Menghindari penempatan TV pribadi didalam kamar
c. Memperhatikan batasan umur penonton pada film yang telah di tayangkan
d. Mengaktifkan penggunaan fasilitas parental lock pada TV kabel Dan satelit
4. Tindakan yang dapat dilakukan pemerintah antara lain :
a. Menciptakan dan mengesahkan UU tentang hak cipta
b. Menyaring informasi yang masuk ke negaranya
c. Menciptakan dan mengesahkan UU APP
d. Membuat software yang mampu memproteksi situs-situs porno di internet
e. Menciptakan dan mengesahkan undang-undang penyiaran




http://tik-mrwindu.blogspot.com/2009/04/dampak-negatif-penggunaan-teknologi.html

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar